Beruban di Usia Muda

Assalamu’alaikum,

Dok, saya seorang siswa kelas IX (3 SMA) di Mojokerto. Saya merasa malu karena di usia saya yang masih SMA ini muncul rambut putih (uban) cukup banyak. Akibatnya teman-teman memanggil saya si Mbah. Dok, mohon saya diberi penjelasan dan apakah bisa diobati atau ada terapinya agar rambut yang tumbuh tidak putih. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum

Taufik

===

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Saudara Taufik, sebaiknya perasaan malu diusahakan dikendalikan dan perlahan dihilangkan saja. Rambut beruban pada usia muda tidak Anda saja yang mengalami, tapi prevalensi-nya cukup banyak. Kalau Anda perhatikan di media, banyak tokoh atau orang terkenal yang muncul dengan rambut yang penuh uban pada usia yang relatif muda.

Secara fisiologi terjadinya uban karena melanosit gagal membentuk melanin (zat yang memberi warna hitam pada rambut), sehingga rambut tidak berpigmen dan berwarna putih yang kita kenal dengan uban. Apa saja yang menjadi penyebab kegagalan pembentukan melanin pada usia muda? Hal inilah yang akan kita bahas sebagai penyebab ubanan pada usia muda.

Penyebab rambut beruban pada usia muda seringkali adalah faktor genetik atau keturunan. Coba tanyakan kepada orang tua Anda atau kakek nenek atau perhatikan apakah ada di antara keluarga Anda yang juga sudah beruban pada usia muda. Bila ada, kuat dugaan penyebab rambut Anda beruban pada usia muda adalah karena faktor genetik.

beruban di usia muda

doc. penulis

Selain faktor genetik, beberapa faktor yang sering menjadi penyebab uban muncul pada usia di bawah 20 tahun adalah: stres berkepanjangan, gangguan nutrisi terutama kekurangan Vitamin B12, gangguan hormonal, akibat merokok dan akibat perawatan rambut yang keliru. Karena hal-hal tersebut bisa menyebabkan terhambatnya pembentukan melanin (pigmen rambut).

Stres berkepanjangan bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut, tapi sifatnya hanyalah sementara. Kalau stres sudah hilang, otomatis produksi pigmen akan kembali dengan normal. Rambut yang putih akan rontok dengan sendirinya sehingga rambut akan kembali menjadi hitam. Sedangkan bila penyebabnya adalah faktor keturunan, uban bersifat menetap dan cenderung makin bertambah banyak seiring dengan waktu.

Gangguan asupan nutrisi juga bisa menyebabkan uban, karena bahan dasar pigmen maupun sel penghasilnya (melanosit) sudah barang tentu sangat membutuhkan nutrisi yang cukup. Dalam hal ini terutama adalah vitamin B12, yang lain adalah vitamin C, E, dan juga dikaitkan dengan B9 atau asam folat. Kekurangan asupan nutrisi tersebut bisa menyebabkan pembentukan uban sehingga bila ingin mencegah atau menghambat, dibutuhkan asupan makanan yang mengandung bahan nutrisi tersebut dalam jumlah yang cukup. Namun terkait dengan asupan nutrisi ini, walaupun cukup, bila ada gangguan pencernaan, juga akan menyebabkan absorbs (penyerapan) nutrisi terganggu. Hal ini bisa terjadi pada orang yang mengalami gangguan lambung dan usus halus.

Stres berkepanjangan bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut, tapi sifatnya hanyalah sementara. Kalau stres sudah hilang, otomatis produksi pigmen akan kembali dengan normal

Gangguan hormonal terutama hormon tiroid, akan sangat berdampak pada gangguan metabolisme tubuh, sehingga juga berimbas pada proses pembentukan kulit dan rambut. Kelainan metabolisme menyebabkan fenil alanin yang terdapat pada asam amino tidak bermetabolisme dengan baik sehingga menimbulkan uban. Gangguan metabolisme selain disebabkan oleh gangguan hormonal, bisa juga disebabkan oleh sinar X, keracunan, kelainan imunitas dan akibat merokok. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok dan radikal bebas menurunkan melanin, sehingga rambut beruban.

Dampak dari perawatan rambut yang keliru terjadi misalnya pada penggunaan minyak dan cat rambut yang tidak cocok. Karena tidak hanya mengenai rambut, tetapi juga meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak dan cat rambut bisa merusak melanosit dan mempengaruhi kesehatan rambut sehingga mempercepat tumbuhnya uban. Pemakaian pengering rambut atau pemanas rambut bisa membuat batang rambut menjadi lemah. Panas yang dihasilkan dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban di usia dini atau uban prematur. Kulit kepala dan rambut yang kotor juga bisa mengganggu kesehatan rambut, sehingga juga bisa menyebabkan ubanan, walaupun kondisi ini lebih jarang sebagai penyebab ubanan.