Warning: include(best/intro.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3

Warning: include(best/intro.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3

Warning: include(): Failed opening 'best/intro.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php56/usr/share/pear:/opt/alt/php56/usr/share/php') in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3
Cara Menghilangkan Tato | LAZIS AL HAROMAIN

Cara Menghilangkan Tato

Pertanyaan

Assalamu’alaikum,

Dok, karena terpengaruh pergaulan waktuitu (setelah lulus SMA), saya membuat tato di beberapa bagian tubuh saya. Kini usia saya masuk 31 tahun, saya ingin kembali kejalan yang benar, mau melaksanakan shalat dan ibadah yang lain. Tapi, kata seorang Ustadz, agar shalat saya sah, maka tato yang ada di tubuh saya harus dihilangkan.

Dok, bagaimanakah caranya agar tato saya bisa hilang? Apakah ada obat khusus yang bisa menghilangkannya?

Terimakasih.

Jaya di Surabaya

Jawaban

Wa’alaikumussalaamWr.Wb.

Saudara Jaya, tato permanen secara medis bisa dihilangkan. Namun karena tato dibuat dengan cara memasukkan / menginjeksi bahan warna kedalam kulit sehingga melekat dan menjadi bagian dari kulit, maka sering kali warna kulit tidak bisa kembali normal. Walaupun ada juga yang berhasil dengan baik.

Jika anda ingin menghapus tato permanen, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit, untuk menentukan metode apa yang tepat sesuai jenis tato Anda. Hindari cara menghilangkan tato permanen dengan cara non medis, seperti memakai panas rokok yang dinyalakan, setrika atau peralatan lain yang dipanaskan, atau cara-cara lain karena selain tidak efektif, bisa menyebabkan kulit Anda iritasi atau menyebabkan rusaknya kulit.

Secara medis cara menghilangkan tato permanen adalah dengan mengangkat atau menggerus bagian dari kulit yang terwarnai dengan tato, antara lain dengan operasi pengangkatan jaringan kulit, menggunakan laser, dan dermabrasi. Pada prinsipnya tidak ada obat-obatan yang bisa membersihkan zat pewarna yang ditanam padakulit.

Operasi pegangkatan (pembedahan) jaringan kulit

Teknik pembedahan atau operasi untuk menghilangkan tato biasanya dipilih bila tato tidak terlalu luas atau untuk tato yang bentuknya memanjang. Pembedahan dilakukan dengan cara mengambil area kulit yang bertato, kemudian tepi kulit disatukan dengan dijahit.

Untuk menghapus tato yang ukurannya terlalu lebar, tehnik  pembedahan biasanya akan meninggalkan bekas luka, dan sering kali harus dilakukan secara bertahap atau beberapa kali operasi.

 

Teknik laser

Teknik laser yaitu proses menghilangkan tato dengan dilakukan sinar dengan intensitas tinggi. Kulit disinar dengan laser hingga menjadi panas, sehingga kulit yang ada tatonya akan rusak, sehingga tato akan ikut hilang. Tapi untuk menghindari kerusakan kulit, maka tehnik laser biasanya harus dilakukan berulang-ulang sekitar 4 – 10 kali tergantung warna, ukuran,dan kedalaman tato. Dan jenis laser yang digunakan juga berbeda-beda tergantung warna tatonya.

Efek samping teknik laser bisa timbul pembengkakan pada kulit, pendarahan, hingga melepuh akibat luka bakar.

 

Dermabrasi

Metode ini hampir sama dengan teknik laser, namun teknik dermabrasi tidak menggunakan sinar melainkan dengan sikat abrasive yang berputar dengan kecepatan tinggi (fungsinyasamadenganamplas). Kemudian, area kulit yang bertato diamplas dengan sikat abrasive hingga warna-warna tato memudar. Untuk menghindari kerusakan kulit yang berlebihan, maka dermabrasi juga harus dilakukan dengan bertahap / berulang-ulang. Dan dibanding dengan dua teknik lainnya, teknik dermabrasi hasilnya paling tidak efektif.

[]