Desa Torongrejo Batu Mendadak Jadi Kota Santri

Pondok Pesantren adalah suatu lembaga yang berorientasi pada pendidikan ilmu agama, da’wah dan pembentukan kepribadian yang luhur serta mempunyai peran yang sangat penting untuk turut menangani krisis moral di masyarakat. Salah satu tujuan Pondok Pesantren adalah membangun masyarakat madani yang berakhlaqul karimah. Langkah yang ditempuh untuk mencapai tujuan itu di antaranya dengan memberikan wawasan keagamaan melalui training, diklat, membentuk Majlis Ta’lim, silaturrahim serta kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Kegiatan tersebut merupakan realisasi da’wah yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang.

Sebagai perwujudan da’wah di jalan Alloh dan pengabdian pada masyarakat, para santri Ma’had Nurul Haromain telah mengadakan Program Tahunan Pesantren berupa Amal Bakti Santri (ABS) Tajribiyah XXI yang ke-21 yang secara garis besar daerah sasaran merupakan daerah yang minus pengetahuan keagamaan serta tergolong masyarakat ekonomi menengah bawah. Dengan terlaksananya ABS ini diharapkan bisa memberikan wawasan yang bersifat religius sehingga tercipta masyarakat yang mempunyai pegangan agama dan berakhlaqul karimah.

Kali ini ABS dilaksanakan di Dsn. Krajan Desa Torongrejo Batu-Malang. ”Alhamdulillah dengan kedatangan para santri Nurul Haromain, desa kami menjadi ramai, musholla, masjid dan rumah-rumah warga desa semarak dengan gema sholawat Nabi dan alunan ayat suci al qur`an,” ungkap salah satu tokoh masyarakat.

Dalam kegiatan ABS ini para santri memang sengaja langsung berbaur dengan masyakat setempat dengan tinggal bersama salah satu warga yang bersedia ditempati selama pelaksanaan ABS ini. Selama 2 minggu mulai 7-21 Februari 2012 para santri membuat program-program dakwah baik majlis taklim, pembinaan guru – guru ngaji, dan pembinaan remaja di desa tersebut. Program ABS Ma’had Nurul Haromain adalah sebagai beikut :

  1. Pemberdayaan TPA / TPQ, yakni menghidupkan / memakmurkan kembali TPQ / TPA yang ada atau belum ada.
  2. Festival Anak Islam (FAIS) dengan kegiatan lomba-lomba islam antar TPQ / TPA dari masing-masing Posko ABS.
  3. Pembinaan Remas dan Karang Taruna mengenai cara membina suatu organisasi yang benar dan islami.
  4. Dialog Remaja berupa Dialog Interaktif yang membahas seputar masalah keremajaan.
  5. Membantu pengajaran di Lembaga Pendidikan, yakni mengadakan kerjasama pengajaran khususnya Bidang Agama dengan Lembaga Pendidikan setempat.
  6. Pengajian Umum yang diadakan pada penghujung diadakannya ABS.
  7. Pengajian Rutin dan Kegiatan Kemasyarakatan (seperti tahlil, dibaan, dll).
  8. Training Sholat yang membahas tentang Tata Cara Sholat Menurut Riwayat Hadist.
  9. Khutbah Jum’at, dimana setiap Peserta ABS turut serta dalam kegiatan mingguan Masjid seperti Khotbah.
  10. Training Al-Qur’an (ummi), berupa kegiatan yang membahas membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Rangkaian kegiatan ABS diakhiri dengan Malam perpisahan tanggal 20 Februari 2012 diisi dengan acara pengajian umum dan peringatan Maulid Nabi. Masyarakat Torongrejo tampak antusias ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, di antara mereka ada yang menampilkan seni hadrah, sholawat, ada juga yang sedih karena harus ditinggal oleh para santri yang hampir dua minggu meramaikan kampung mereka dengan syiar-syiar Islam. Tetapi KH. M. Ihya Ulumiddin, pengasuh Ma’had Nurul Haromain dalam ceramahnya menyampaikan bahwa InsyaAlloh setiap pekan akan mengirim santri untuk berdakwah di desa Torongrejo tersebut sebagai bentuk follow-up dari kegiatan ABS ini. Tentu saja hal ini disambut gembira oleh masyarakat yang sudah menganggap para santri ABS sebagai bagian dari keluarga mereka.

Pada malam perpisahan itu pula LAZIS AL HAROMAIN Batu menyalurkan Bantuan untuk Anak Yatim dan dhuafa serta program Pembangunan Sentra Dakwah untuk pembangunan tempat wudhu putri Masjid Roudlatul Jannah. LAZIS AL HAROMAIN mengucapkan jazakumullohu ahsanal jaza` kepada segenap donatur dan sponsor atas terselenggaranya acara ini. Semoga bantuan Anda menjadi amal sholeh yang membawa kebaikan dunia hingga akhirat. Amin.




[]