Kaifa Tusholli di Ujung Timur Pulau Jawa

Subokhanallah, “Kaifa Tushalli” bagaimana tatacara shalat menurut riwayat hadits semakin meluas sampai ke ujung timur pulau Jawa.  Pada tanggal 14-15 Mei  2016 yang lalu telah dilaksanakan pelatihan Kaifa Tushalli di Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi tepatnya di Masjid Jami’ Baiturrohman Sumberanyar.  Diprakarsai oleh KH. Hayat yang notabennya adalah Santri dari Abi KH M. Ihya’ Ulumiddin dan juga Santri dari Abuya Assayid Muhammad Bin Alawy Al Maliki Al Hasani yang sekarang sebagai Khodimul Ma’hat Miftahul Ulum di Desa Bengkak Wongsorejo Banyuwangi.   Dihadiri oleh guru-guru TPQ,  guru-guru SMP dan SMA, para Ta’mir masjid, dan juga para siswa/i MAN.

          Seperti halnya pada pelatihan-pelatihan sebelumnya, kali ini juga mendapat respon positif dari peserta yang mengikuti acara pelatihan, sebagaimana terlontar dalam ungkapan mereka “ Ternyata shalat kita selama ini masih banyak yang harus disempurnakan” lebih lebih tentang kerapatan shaf dan cara berdiri yang sempurna.

         Pada kesempatan kali ini Team Lazis Al Haromain selain mengadakan Pelatihan Kaifa Tusholli untuk masyarakat umum juga mengadakan pelatihan Metodologi Pembelajaran Kaifa Tusholli (TOT) yang pesertanya adalah para Ustadz/ah dengan target siap menjadi trainer Kaifatushalli. Diharapkan nantinya para guru langsung bisa mmenyampaikan kepada masyarakat secara meluas.  Pada kesempatan ini pula Pengurus Pusat LAZIS AL HAROMAIN juga melakukan pembinaan pengurus LAZIS AL HAROMAIN Cabang Banyuwangi yang berkantorkan di Ponpes Miftahul Ulum, desa Bengkak, kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. (YLQ)