Kenapa Sudah Lulus S1 Sulit Dapat Kerja ?

Oleh:

Ust. Hasbi Maula

sarjanaLulus S1/sarjana adalah impian orang tua dan anak-anaknya. Namun tidak sedikit yang sudah lulus malah bersedih, karena belum bekerja atau sulit cari pekerjaan alias menganggur.

Menjadi pengangguran tentu bukan suatu impian. Namun apalah daya, masih ada sejumlah sarjana yang belum mendapat kesempatan kerja.

Ada beberapa sebab, kenapa sudah lulus sarjana masih menganggur, di antaranya:

  1. Kurang deket dengan Allah.

Tidak sedikit mereka yang sudah sarjana merasa dirinya wah.., menyombongkan diri, dan melupakan Allah. Mestinya setelah lulus harus semakin deket pada Allah sang Pencipta, untuk memohon dan berharap untuk bisa bekerja dan mendapatkan kondisi diri lebih baik.

  1. Kurangnya skill

Kurangnya skill yang dimiliki menjadi salah satu faktor seseorang belum mendapat kesempatan kerja. Apalagi zaman semakin global, keharusan untuk terus meningkatkan kemampuan perlu dilakukan, agar nantinya kita bisa terserap di dunia kerja.

  1. Tidak punya passion

Tidak adanya passion terhadap apa yang ingin kita jalankan juga menjadi salah satu faktor. Hasilnya, apa yang kita kerjakan pun tidak sepenuh hati dan cenderung tidak mengetahui apa yang kita inginkan dengan karier yang ingin kita raih.

  1. Networking

Semakin luas networking yang kita punya, semakin terbuka lebar kesempatan kerja yang bisa kita dapatkan. Dengan sempitnya networking yang kita bangun, kita akan banyak melewatkan informasi-informasi penting seputar lowongan pekerjaan yang bisa saja dimiliki oleh sejumlah teman-temanmu.

  1. Menyerah

Ditolak oleh satu atau dua perusahaan itu biasa. Namun sikap menyerahmu itulah yang nantinya bisa memupus harapanmu untuk mendapatkan kesempatan kerja yang kamu mimpikan. Cobalah lagi, siapa tahu di lamaran berikutnya kamu akan dapatkan kesempatan itu.

  1. Hanya memikirkan gaji

Bekerja bukan hanya tentang gaji yang diterima. Inilah yang membuat sejumlah HRD mempertimbangkan kembali para kandidatnya sebelum mereka akhirnya diterima bekerja.

Mari pembaca yang budiman, luruskan niat, sempurnakan usaha dengan 4 AS (keras, tuntas, cerdas dan ikhlas), doa dan tawakal total pada Allah. In syaa Allah setelah ini kita akan jauh lebih baik.

Robbaba Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

Semoga Bermanfaat.