Kunjungan Masjid Jogokaryan dan Pesantren di Jogja

P1230891Dalam rangka meningkatkan ghiroh dakwah dan wawasan di kalangan takmir masjid maka Forum Komuniksi Masjid (FKM) Al Haromain  yang keanggotaannya adalah sebagian besar pengurus masjid di wilayah Batu, Pujon dan Ngantang pada tanggal 18-19 Januari 2017 mengadakan Study banding ke masjid Jogokaryan dan pesantren di wilayah Yogyakarta. Kunjungan pertama dilakukan ke masjid Jogokaryan yang memang sudah dikenal bagus dalam pengelolaan dan memakmurkan masjid, serta bagaimana masjid juga mampu memberdayakan ekonomi masyarakat sekitarnya. Dan Hal ini dapat kami lihat langsung pada saat kunjungan, betapa masyarakat sekitar sangat antusias dan semangat shalat berjama’ah di masjid. Pada shalat shubuh misalanya, di masjid ini jama’ahnya penuh hingga meluber dan hal ini terjadi setiap hari.

Selepas melaksanakan sholat subuh, rombongan diterima oleh Takmir Masjid Jogokariyan dan kemudian ramah tamah serta sharing pengalaman bagaimanana  memakmurkan masjid yang benar.  Beberapa poin penting diskusi adalah bahwa menjadi takmir harus dekat dengan jama’ahnya, pengelolaan masjid harus transparan, dan masjid juga bisa membantu mengentas persoalan yang dihadapi masyarakat sekitar.

P1230910Selesai berkunjung ke Masjid Jogokariyan, perjalanan dilanjutkan menuju Pesantren Al Munawwir Krapyak dan Pesantren Nurul Haromain Yogyakarta. Semoga kunjungan ini bisa menumbuhkan semangat dan inspirasi baru bagi para takmir yang menjadi anggota FKM Al Haromain Malang, aamiin. (YLK)