Warning: include(best/intro.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3

Warning: include(best/intro.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3

Warning: include(): Failed opening 'best/intro.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php56/usr/share/pear:/opt/alt/php56/usr/share/php') in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3
Mabuk Perjalanan | LAZIS AL HAROMAIN

Mabuk Perjalanan

Oleh:

dr. Nurhadji

Kepala Bidang Organisasi Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI)

Cabang Jawa Timur

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum,

Dok, saya mempunyai permasalahan. Setiap kali naik kendaraan bersama orang banyak (biasanya naik bus), tiba-tiba saya merasa mual dan mau muntah. Padahal kondisi kendaraan sudah bersih.

Dok, bagaimanakah caranya agar bisa menghilangkan hal tersebut?

Terima kasih.

Dewi di Surabaya.

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam wr. wb.

Saudari Dewi, orang yang sensitif bisa mengalami mabuk perjalanan ketika berada dalam kendaraan yang bergerak, baik itu bus, kendaraan umum lainnya, mobil pribadi, kapal laut, pesawat terbang, atau kereta api. Semakin banyak guncangan di dalam kendaraan biasanya makin mudah seseorang mengalami mabuk perjalanan.

download-3

Penyebab tersering mabuk perjalanan adalah ketidaksesuaian penerimaan saraf sensorik terutama penglihatan dan sensor keseimbangan (system vestibuler) yang ada pada rongga telinga bagian dalam. Apa yang sedang direkam oleh sistem vestibular tidak sesuai dengan apa yang sedang dilihat oleh mata. Akibatnya penerimaan sinyal otak yang dikirim saraf sensorik menjadi tidak sesuai atau bahkan bertentangan.

Namun ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan, di antaranya adalah: tingkat kepekaan individu, adanya kelainan pada sistem pencernaaan terutama pada lambung dan usus dua belas jari, serta faktor psikis seseorang. Faktor suhu atau cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Demikian pula bila kadar oksigen dalam kendaraan yang menurun atau udara yang pengap.

Gangguan atau rasa tidak nyaman karena kondisi penumpang lainnya juga bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Faktor bau atau aroma di sekitar Anda, biasanya bau bahan bakar seperti solar, bau parfum yang terlalu menyengat, bahkan bau keringat orang di dekat Anda juga bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Berbagai jenis aroma tersebut akan membuat sistem vestibular (yang sensitif) mudah terangsang dan membuat perut mual dan bahkan muntah.

Nampaknya yang menjadi penyebab mabuk perjalanan yang terjadi pada Saudari penanya adalah faktor psikis yang sensistif. Psikis yang sensitif atau yang labil tentu sangat mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar, dan biasanya sistem vestibulernya juga cenderung menjadi lebih sensitif.

Agar Anda tidak mabuk perjalanan, persiapkanlah fisik dan psikis Anda sebelum Anda melakukan perjalanan dengan bus. Secara psikis persiapkan di antaranya dengan cara sebagai berikut:

  • Awali dengan berdoa dan dengan yakin supaya perjalanan Anda akan selamat, aman dan nyaman sampai ke tujuan.
  • Yakinlah bahwa perjalanan yang akan Anda lakukan ini dan seterusnya akan baik-baik saja, dan merasa nyaman dengan kondisi lingkungan seperti apapun selama perjalanan Anda.
  • Nikmati perjalanan Anda, lihatlah pemandangan yang indah atau hal-hal lain yang menarik sepanjang rute yang Anda lalui.
  • Pikirkan bahwa sebentar lagi Anda akan sampai ke tujuan yang Anda inginkan untuk sesuatu yang menyenangkan atau membuat Anda dan orang lain yang Anda kunjungi menjadi bahagia.

Secara fisik Anda perlu mempersiapkan dan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Berangkat dalam kondisi harus bugar, misalnya sebelum berangkat usahakan terlebih dahulu cukup tidur, dan hindari aktivitas fisik yang melelahkan.
  • Bila Anda mudah bosan atau kurang nyaman, sebaliknya justru harus diatur supaya menjelang waktu perjalanan Anda tidak tidur sehingga Anda mudah tidur selama perjalanan.
  • Pilihlah lokasi tempat duduk yang stabil atau minim goncangan, yaitu di deretan kursi bagian tengah bus. Hindari duduk di bagian yang paling belakang dan jangan duduk dekat orang yang juga mudah mabuk darat. Duduklah di jok depan bila Anda tidak tidur supaya pandangan bisa jauh ke depan.
  • Atur posisi duduk yang benar sesuai kebutuhan sehingga nyaman tanpa mengganggu orang lain. Duduklah dengan posisi untuk kesehatan tulang belakang dan menjaga sirkulasi darah tetap lancar.
  • Lihatlah dan nikmati pemandangan yang jauh, hindari melihat obyek dekat jalan yang nampak bergerak cepat serta hindari membaca buku atau ponsel Anda selama perjalanan untuk menghindari gangguan vestibuler.
  • Makanlah permen jahe untuk mengurangi rasa mual, tapi hindari permen karet dan minuman bersoda karena akan banyak memasukkan gas ke lambung.
  • Gunakan minyak angin yang tidak terlalu menyengat atau aroma terapi untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  • Minumlah obat anti mabuk bila Anda tetap merasa akan mabuk dan pilihlah jok tengah dan tidurlah senyaman mungkin.
  • Hindari perjalanan jauh dengan bus bila Anda sedang sakit. Bila terpaksa harus bepergian dalam kondisi kurang sehat, berkonsultasilah dengan dokter apakah kondisi Anda masih memungkinkan untuk perjalanan jauh, dan obat-obatan apa saja bila perlu disediakan.

images-10

Persiapan Perbekalan:

  • Pastikan semua barang keperluan di perjalanan dan di tempat tujuan sudah Anda bawa dan dikemas sesuai dengan kebutuhan, mana yang harus disimpan di bagasi, di cabin dalam bus, atau Anda bawa di tempat duduk.
  • Bawalah perbekalan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda, misalnya jaket atau selimut, kaos kaki serta sarung tangan dan kalau perlu bantal kecil supaya anda bisa tidur dengan nyaman.
  • Pakailah baju dari bahan kain yang nyaman dan tidak ketat selama dalam perjalanan.
  • Sediakan pula bekal makanan ringan/camilan seperti roti, coklat, biskuit dan lain-lain serta minyak gosok dan obat-obatan pribadi yang aromanya tidak menyengat sehingga tidak mengurangi kenyamanan penumpang lainnya.
  • Pastikan barang berharga Anda seperti dompet serta ponsel berada di tempat yang aman misalnya dalam tas kecil yang mudah dibawa.

***