Pembebasan Andalusia

Pembebasan Andalusia

Oleh : Bahtiar HS

29 April 711 M

Pembebasan Andalusia

turistipercaso.it

Salah satu legenda menceritakan bahwa kerajaan Visigoth di Andalusia memiliki satu istana yang sangat indah di kota Toledo. Raja-raja sebelumnya selalu berpesan, apapun yang terjadi istana tidak boleh dimasuki satu orang pun. Setiap raja yang baru akan menambahkan satu gembok hingga ada 27 gembok. Tetapi itu tidak berlaku bagi Roderick.

Ketika Roderick naik tahta, ia justru membongkar semua gembok yang ada dan memasuki istana itu. Ternyata, di dalamnya terdapat sebuah ruangan lagi yang dikunci. Roderick membongkar kunci ruangan itu dan masuk ke dalamnya. Di sana ia menemukan perkamen yang berisi lukisan orang-orang yang sedang menunggang kuda dengan memakai baju yang kasar, penuh debu, bersorban di kepalanya, dan pedang mereka melengkung. Di sana juga terdapat sebuah tulisan,

“Kapan pun ruang perlindungan ini dilanggar dan mantra yang terdapat pada guci ini dilanggar, orang-orang yang terlukis pada guci ini akan menyerbu Andalusia, menggulingkan singgasana rajanya, serta menduduki seluruh negeri.”

Roderick ketakutan setelah membaca itu dan meyakini bahwa bencana akan menimpa dirinya.

Maka demikianlah. Pada awal 711 M, Musa bin Nusyair, gubernur Afrika dari kekhalifahan Al-Walid di Damaskus, mengirim 12.000 pasukan untuk membebaskan Andalusia. Pasukan berangkat dari Ceuta dengan armada perahu dipimpin oleh Thariq bin Ziyad. Sebelum mendarat, dalam tidurnya Thariq bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad r yang dikelilingi sahabat Muhajirin dan Anshar dengan pedang terhunus. Lalu Nabi bersabda pada Thariq, “Janganlah gentar, wahai Thariq. Sempurnakanlah apa yang ditakdirkan bagimu untuk melakukannya!”

Pasukan Thariq bin Ziyad mendarat di Calpe pada 29 April 711 M (kelak dikenal dengan nama Jabal Tariq atau Gibraltar). Setelah pendaratan, ia memerintahkan untuk membakar semua kapal dan berpidato di depan anak buahnya untuk membangkitkan semangat mereka:

Wahai sekalian manusia! Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian. Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran.

Pasukan Thariq menyerbu wilayah Andalusia dan di musim panas tahun 711 berhasil meraih kemenangan yang menentukan atas kerajaan Visigoth. Roderick terbunuh dalam pertempuran Guadalete. Setelah itu, Thariq menjadi gubernur Andalusia sebelum akhirnya dipanggil pulang ke Damaskus oleh Khalifah Walid I.

[]