Warning: include(best/intro.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3

Warning: include(best/intro.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3

Warning: include(): Failed opening 'best/intro.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php56/usr/share/pear:/opt/alt/php56/usr/share/php') in /home/lazisalh/public_html/wp-settings.php on line 3
Pengembangan Pesantren | LAZIS AL HAROMAIN

Pengembangan Pesantren

SantriSejarah telah mencatat bahwa percik api kebangkitan umat dari masa ke masa selalu menyala dari pondok pesantrenリビングテーブル 座卓 机 オリオン角 135 おしゃれ オシャレ. Karena itu【最大32倍】【30%OFF】sneeuw(スニュウ)パネルワンピース snw15-27-rf, pondok pesantren merupakan pilar umat yang tak bisa ditinggalkan dalam konstelasi peradaban umat Islam3mmブラックダイヤモンド高級型カットブレスレット 12.0ct, bahkan di era globalisasi seperti saat ini sekalipun水素スパ エイチポット 「水素SPA H Pot」 水素水 入浴用水素生成器 水素風呂 ゴーダ水処理技研.

LAZIS AL HAROMAIN sangat menyadari posisi penting pondok pesantren tersebut【GTH-2444SAWXD-1 BL】ノーリツ 24号 ガス温水暖房 付 ふろ給湯器 オート タイプ 暖房温水2温度 屋外壁掛形(PS標準設置形) 【NORITZ】【GTH2444SAWXD1 BL. Oleh karena itu太陽の子 エステバン DVD-BOX2【中古】, salah satu program distribusi LAZIS AL HAROMAIN adalah Pengembangan Pesantren yang meliputi pembangunan gedung pesantren洋白3.8μ 丸肉皿 24インチ, penyempurnaan sarana-prasarana pesantrenレビュー投稿で次回使える2000円クーポン全員にプレゼント コロナ電業 《ALIVIO》スーパーデイ&ナイトカメラ VK-710DN 【生活家電\防犯?セキュリティ\防犯カメラ】, pembinaan SDM pesantrenULTRASONE ダイナミック密閉型ヘッドフォン Performance860, dan pengembangan ekonomi PesantrenTiffen 4X4 CLR/ND.6 GRAD HE FILTER 44CGN6H. Mengapa Pesantren? Pesantren mempunyai peran strategis dalam membina, mendampingi, dan mengarahkan masyarakat. Pesantren merupakan tempat Kiai, Ustadz, dan atau Tuan Guru menyampaikan ilmu-ilmu agama Islam dan para santri belajar. Keberadaan Kiai, Ustadz, dan atau Tuan Guru yang ‘alim senantiasa ditaati dan dihormati oleh masyarakat karena nasihat dan tauladan akhlaqnya. Tidak jarang pula pesantren menugaskan para santrinya untuk terjun berdakwah membina msyarakat secara langsung, sebagaimana yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang, tiap hari Kamis hingga Ahad para santri berdakwah secara langsung kepada masyarakat, mengajar di TPQ sekitar, membina remaja masjid, dan mengembangkan majelis taklim.  Di samping itu juga ada kegiatan Amal Bakti Santri (ABS), semacam KKN untuk mahasiswa, dua kali dalam setahun.

abs-1

Pesantren mempunyai peran penting dalam membentengi dan melindungi aqidah dan akhlaq umat, terlebih dalam era globalisasi saat ini, di mana masyarakat yang masih awam mudah anut grubyug, secara bertubi-tubi disodori budaya barat yang bertentangan dengan syari’at, pemikiran Sepilis (Sekuleris, Pluralis, dan Liberalis) yang membingungkan dan menyesatkan. Di sisi yang lain pemerintah yang mestinya all out memberikan perlindungan pada rakyatnya malah membuat kebijakan yang tidak tepat, misalnya evaluasi terhadap PERDA-PERDA Syari’at, dilegalkannya pelacuran dengan lokalisasi, belum ditegakkannya Undang-Undang Anti Pornografi, dan lain sebagainya. Lihat saja hasilnya, korban minuman oplosan berjatuhan, kecelakaan akibat sopir teler mabuk terjadi berulang-kali, perkosaan dan pelecehan seksual di mana-mana. Remaja-remaja kita lebih menggandrungi Ketty Perri dan Lady Gaga dari pada majelis ilmu dan Ulama. Simak berita di berbagai media, konser baru dua bulan lagi tiket jutaan rupiah sudah ludes.

Pada saat ini pesantren telah mengalami perkembangan luar biasa, tanpa harus meninggalkan tradisi ngaji kitab kuning sorogan, hafalan bait syi’ir Arab, dzikir dan wirid serta sholawatan, juga dikembangkan pendidikan formal mulai tingkat dasar, menengah, dan tinggi. Tidak ketinggalan seni budaya Islam dan teknologi juga dikembangkan. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan kegiatan para remaja sehingga terhindar dari kecanduan game, narkoba, dan pergaulan bebas.

abs-2Kehadiran pesantren pada suatu daerah senantiasa berterima oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang haus akan ilmu-ilmu agama Islam.  Ada pengalaman menarik tatkala Yayasan AL HAROMAIN menugaskan dai-dainya di lahan wakaf di Kesamben Blitar dan Wanayasa Kebumen. Selama dua tahun berdakwah menempati lahan wakaf di kesamben Blitar dan sudah membangun dua lokal madrasah, ternyata lahan wakafnya bersengketa dan ditarik kembali oleh wakif. Lain halnya dengan persoalan wakaf di Wanayasa Kebumen, lebih dari dua tahun berda’wah di masyarakat, akan tetapi pengurusan wakaf tidak kunjung selesai. Menyikapi persoalan tersebut Yayasan hendak memindahtugaskan kedua da’inya ke lahan wakaf yang lain. Namun apa yang terjadi? Di Kesamben Blitar, masyarakat bergotong -oyong urunan membelikan lahan baru. Hal yang hampir sama, di Wanayasa Kebumen masyarakat rame-rame ngumpulin tanda tangan menolak da’inya dipindah. Dan bahkan ada salah satu tokoh masyarakat menyediakan lahan wakaf baru yang luasnya sama dengan wakaf sebelumnya. Allohu Akbar!

abs-3-santri

Dengan demikian, amatlah tepat jika pengembangan pesantren menjadi salah satu program utama distribusi dana ZIS sekaligus brand LAZIS AL HAROMAIN, karena tidak dapat dipungkiri bahwa pesantren mempunyai peran yang sangat strategis dalam membangun sumber daya manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman kepada Pencipta alam semesta, berakhlaq mulia, cerdas, dan terampil.

Wallohu a’lam.