Sekelumit Tentang Kutil

Konsultasi Kesehatan

Oleh: dr. Nurhadji

Aneka bentuk kutil atau verruca |doc. pribadi penulis

Aneka bentuk kutil atau verruca |doc. pribadi penulis

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum, Dokter. Tetangga saya laki-laki 50 tahun pada badannya banyak ditumbuhi benjolan atau yang kita kenal kutil. Bagaimana tinjauan medis tentang proses tumbuhnya kutil, dan bagaimana cara pencegahan serta pengobatannya? Terima kasih.

Parman, Gresik.

Jawab:

Saudara Parman, penyakit kulit yang dikenal orang awam sebagai kutil dalam dunia kedokteran dikenal sebagai papilloma atau verruca yaitu berupa tonjolan tidak normal pada kulit, bentuk, warna, dan ukurannya bermacam-macam. Penyebabnya adalah infeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi bisa terjadi pada segala umur tapi paling sering terjadi pada anak-anak.

Verruca bisa terjadi di kulit bagian manapun dari tubuh manusia terutama pada bagian punggung jari-jari tangan, tangan, dan sekitar siku. Pada kaki juga sering dijumpai di sekitar lipatan pinggir kuku atau pada bagian punggung kaki.

Ada yang bentuknya seperti kubah kecil diameter hanya beberapa milimeter saja, ada pula yang bentuknya agak pipih kecil dan memanjang, pun ada yang bentuknya seperti bunga kol dengan ukuran lebih dari satu sentimeter. Warnanya pun berbeda-beda, bisa sewarna dengan kulit, bisa juga lebih gelap atau lebih terang dari warna kulit sekitarnya yang normal.

Tumor jinak pada saraf tepi (neurofibroma) |doc. pribadi penulis

Tumor jinak pada saraf tepi (neurofibroma) |doc. pribadi penulis

Pada tahap awal, verruca biasanya bulat, terpisah, warna serupa kulit dan ukuran sekitar satu atau dua millimeter saja. Seiring waktu, verruca tumbuh membesar, berwarna kekuningan, abu-abu kehitaman atau coklat dengan permukaan tonjolan kulit yang kasar.

Verruca bisa menular dan atau menyebar secara kontak langsung maupun tidak langsung. Trauma kulit bisa menyebabkan tertanamnya virus ke dalam kulit, sehingga untuk menghindari penularan adalah dengan mencegah terjadinya kontak langsung dengan penderita. Demikian pula untuk menghindari makin meluasnya, dengan cara menghindari menggaruk kulit di sekitarnya atau hindari menempelkan bagian yang ada kutil ke kulit di bagian tubuh lainnya. Biasanya verruca di siku mudah menular ke bagian perut karena bersentuhan dengan siku.

Dalam beberapa kasus yang ringan, seringkali verruca tidak memerlukan penanganan medis dan bisa sembuh sendiri. Sebenarnya verruca tidak berbahaya namun pada kasus yang dirasakan mengganggu secara estetika atau bila ternyata cepat menyebar ataupun membesar, maka sebaiknya menghubungi dokter. Beberapa waktu yang lalu ramai diberitakan ada “manusia akar“ karena di kedua kakinya ditumbuhi verucca yang banyak, besar, dan panjang-panjang. Penyebabnya juga human papilloma virus (HPV). Setelah dioperasi, berat verruca yang diambil mencapai 2 kilogram lebih.

Prinsip penanganan verruca adalah dengan tindakan pembedahan ringan (couterisasi) bisa dengan beberapa teknik yaitu: cauter kimiawi, cryosurgery (bedah beku), bedah laser, elektrocauter (dibakar dengan pisau listrik), atau pembedahan dengan pisau bedah.

Pada sekitar kelamin juga bisa ditumbuhi kutil genitalis yang dinamakan condiloma occuminata, yang menular melalui hubungan sexual. Penyebabnya adalah HPV tipe tertentu (16 dan 18) yang digolongkan sebagai penyakit menular seksual. Kutil genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembap. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis dan di bawah kulit depannya (jika tidak disunat) yang bisa menyebabkan terjadinya kanker penis pada dirinya dan bisa menular pada pasangannya. Pada perempuan bisa menyerang genital bagian luar dan juga bisa di bagian dalam dan berpotensi onkogenik tinggi sebagai penyebab kanker leher rahim.

Tidak semua kutil atau yang menyerupai kutil adalah verruca, di antaranya adalah neurofibroma, yaitu tumor jinak pada saraf tepi yang bisa terjadi menyebar ke seluruh permukaan tubuh sehingga secara estetika sangat menggangu.