Profil

LazisLazis Al Haromain atau Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Al Haromain adalah lembaga yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf serta dana sosial untuk menopang pendanaan dakwah. Pendanaan tersebut meliputi pengembangan pesantren, penugasan da’i, beasiswa santri, bantuan yatim dan dhuafa, pemberdayaan ekonomi, bantuan sosial kemanusiaan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Lembaga ini lahir pada tahun 2001 dengan nama Lembaga Dana Sosial Al Islah, yang kemudian berubah menjadi LAZ Al Haromain setelah bergabung dengan Yayasan Al Haromain pada tahun 2002. Guna memperluas ruang geraknya, LAZ Al Haromain berubah nama menjadi Lazis Al Haromain sejak 2003 hingga sekarang. Pada tahun 2008, Lazis Al Haromain mendapatkan pengesahan dari Dinas Sosial Kota Surabaya dengan SK Dinsos No. 460/1178/436.5.13/2008.

Dengan motto “Menebar Manfaat Meraih Kemuliaan”, Lazis Al Haromain selalu berkomitmen untuk menggalang kebersamaan umat dalam upaya menggapai kemuliaan, yakni kejayaan Islam, melalui gerakan sadar zakat dan optimalisasi program penghimpunan dana ZIS serta berkomitmen untuk selalu menjunjung tinggi keamanahan, transparansi, serta akuntabilitas dalam pendistribusian dana ZIS kepada yang berhak menerima dan untuk berbagai kepentingan dakwah.