Training Kaifa Tusholli, Masjid Jami‘ An-Nuur Batu Penuh

Kamis, 6 Juni 2013, tidak seperti biasanya Masjid Jami‘ An-Nuur Kota Batu Malang dipadati jamaah. Memang hari itu, hari libur bertepatan dengan Isra-Miraj Baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Pada hari itu juga LAZIS AL-HAROMAIN Malang Raya mengadakah Training Kaifa Tusholli bagi masyarakat.

Narasumber training Kaifa Tusholli adalah KH. Muhammad Ihya’ Ulumiddin, khadimah ma’had Nurul Haromain, Pujon, Malang.

Pada kesempatan ini juga diajarkan “Senam Perkasa”, senam kesehatan berbasis gerakan shalat yang juga berefek pada peningkatan kesehatan mereka yang mempraktekkan senam ini. Senam Perkasa dipandu oleh dr. Anas Makhfud, Sp.A.

Saking antusiasnya peserta sehingga membludak memenuhi ruang dalam Masjid An-Nur, materi Kaifa Tusholli bahkan hingga Maghrib tidak kunjung selesai disampaikan. Narasumber, KH. M. Ihya Ulumiddin tampak sangat rinci menerangkan tata cara shalat sebagaimana tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Kelihatannya Training ini perlu diadakan kelanjutannya, untuk menuntaskan pengetahuan dan pemahaman peserta training khususnya, dan masyarakat umumnya, terhadap praktik shalat sebagaimana dituntunkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berikut berbagai variasi perbedaan fikihnya. (MQ)